WELCOME to MY BLOG

JANGAN TUNDA SAMPAI BESOK .. APA YANG BISA KAU KERJAKAN HARI INI

Laman

Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Membaca Nilai Kapasitor

Cara Membaca Nilai Kapasitor | Setelah anda mempelajari pengertian kondensator / kapasitor dan sudah memahami bahwa keduanya tidak berbeda, namun yang membedakan adalah hanya kebiasaan kita menyebutkannya. .

Seperti halnya resistor, kapasitor mempunyai kode warna untuk menentukan besarnya nilai kapasitansi dari sebuah kapasitor. Pada Tabel berikut merupakan kode warna dari Kapasitor 

Membaca Kode Warna Pada Kapasitor
Pada tabel warna kapasitor diatas adalah acuan kita membaca nilai kapasitansi kapasitor. Cara membaca nilai kapasitor dengan tabel warna sama persis seperti kita membaca nilai resistor dengan tabel warna.

Membaca Kode Warna Pada Kapasitor
Perhatikan kapasitor gambar diatas, adalah salah satu contoh kapasitor yang nilai kapasitansinya ditentukan oleh warna yang ada pada tubuhnya. Kapasitor berwarna seperti gambar mungkin saat ini sudah jarang kita jumpai. bahkan sudah tidak ada pabrik yang menggunakan warna untuk menentukan nilai kapasitas dari kapasitor tsb. Sebagai gantinya saat ini  kita bisa mengetahui nilai sebuah kapasitor yang langsung tertulis pada badannya seperti 223, 224, 0,2 uF dan seterusnya.
Cara Membaca Nilai Kapasitor
Kapasitor
Kapasitor diatas tertulis 104  ini berarti kapasitor tersebut mempunyai nilai kapasitas 10 0000 pF, ini bisa dijabarkan dari : Angka (1) adalah digit/angka ke-satu, (0)  adalah digit/angka ke-dua sedangkan (4) menunjukkan banyaknya angka Nol.

Contoh lagi : Sebuah kondensator tertulis 223, ini berarti : angka pertama dan kedua 22 diikuti banyaknya 3 angka nol (000) maka kapasitor tersebut bisa kita tulis / mempunyai nilai 22 000 pF

Contoh lagi : Sebuah kondensator tertulis 122 = 1200 pF

Pada tiga contoh diatas Satuannya adah piko Farad (pF ) Bisa kita konversikan lebih sederhana lagi menjadi Nano Farad (nF).: 100000 pF = 100 nF | 22 000 pF = 22 nF | 1200 pF = 1,2 nF

Ket : 
  • 100000 pF = 100 nF  =  0,1 µF 
  • Nilai konversi satuan kita bahas dilain waktu. 
Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kondensator/Capasitor | Kondensator/Capasitorberfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk muatan listrik. Kondensator/Capasitor ini merupakan komponen elektronika pasif. Kondensator notasinya biasa ditulis dengan huruf C.  

Banyaknya muatan listrik per detik ditentukan dalam satuan Qoulomb (Q), sedangkan kemampuan Kondensator/Capasitor menyimpan muatan disebut kapasitansi yang satuannya adalah Farad (F).

Ket :
1 Farad = 1.000.000 uF baca (mikro farad),
1 uF = 1.000 nF baca (nano Farad) dan
1 nF = 1.000 pF baca (piko Farad).

Kondensator/Capasitor terdiri dari dua keping konduktor yang dipisahkan oleh bahan penyekat yang disebut dengan bahan dielektrik, fungsi zat dielektrik adalah untuk memperbesar kapasitansi. Jenis kondensator/kapasitor ini diantaranya adalah : keramik, kertas, kaca, mika, polyister dan elektrolit.

Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
Kondensator juga memiliki Tegangan kerja (working Voltage) yaitu tegangan maksimum yang diijinkan sehingga kapasitor masih dapat bekerja dengan baik. Contoh tegangan kerja padakondensator, apabila pada badan Elco (Condensator Electrolit) tertulis di badannya 220 uF / 25 V, berarti kondensator ini mempunyai kapasitas menyimpan muatan listrik 220 uF, sedangkan tegangan listrik maksimal yang diperbolehkan sampai 25 volt, jika dialiri tegangan listrik lebih dari 25 volt, maka elco ini akan rusak (meledak).


Kondensator/Capasitor Non Polar
Kondensator/Capasitor non polar adalah Capasitor yang elektrodanya tanpa memiliki kutup positif (+) maupun kutup negatif (-) artinya jika pemasangannya terbaik maka Capasitor tetap bekerja. 
Contoh Kondensator/Capasitor nonpolar yaitu : Kondensator/Capasitor variable (Varco). Kertas, Mylar, Polyester, Keramik dsb.

Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
Pada Kapasitor angka yang tertulis di badannya merupakan nilai kapasitansi kapasitor tersebut. Apabila pada badannya tertulis satu / dua angka maka bisa kita langsung baca kapasitasnya dengan satuan pF (pico farad).

Contoh, kapasitor keramik diatas tertuliskan dua angka 68, maka kapasitansi kapasitor tersebut adalah 68 pF. Sedangkan jika ada 3 angka, maka angka pertama dan kedua adalah nilai nominal, sedangkan angka ketiga adalah faktor pengali.
Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
Pada gambar diatas tertulis angka 104 berarti angka pertama dan kedua menunjukkan nilai yaitu 10 dan angka ketiga angka 4 yang berarti faktor pengali = 10000, nilai kapasitor keramik tersebut adalah 10 ×10000=100000pF = 100 nF = 0,1 uF , berikut tabel pengali nilai kapasitor :

Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
atau lebih mudahnya lihat gambar berikut :
Angka pertama dan kedua nilai nominal sedangkan angka ketiga banyaknya angka nol. Sehingga nilai capasitor diatas adalah 10000 pF = 10 nF = 0,01 uF

Untuk kapasitor polyester nilai kapasitansinya bisa diketahui berdasarkan warna seperti pada resistor.
Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
kapasitor polyester
Mengindentifikasi dan Membaca Nilai Kapasitor
Kode Warna Kapasitor
Contoh : Pada sebuah kapasitor pada badannya berwarna Coklat, Hitam, Orange. maka nilai kapasitansi (lihat tabel) condensator tersebut adalah : 103 = 10 x 1000 = 10000 pF = 10nF = 0,01 uF

Seperti komponen lainnya, besar kapasitansi nominal kondensator ada toleransinya. Nilai toleransi Kondensator ditentukan dengan kode-kode angka atau huruf tertentu. Dengan tabel di bawah pemakai dapat dengan mudah mengetahui toleransi kapasitor yang biasanya tertera menyertai nilai nominal kapasitor. Misalnya jika tertulis 104 X7R, maka kapasitansinya adalah 100nF dengan toleransi +/-15%. Sekaligus diketahui juga bahwa suhu kerja yang direkomendasikan adalah antara -55Co sampai +125C.
Tabelnya sebagai berikut :
Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator
Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator
Tabel Karakteristik Condensator
Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator 2
Tabel Karakteristik Toleransi capasitor
Dari tabel diatas kita bisa tahu, karakteristik kapasitor selain kapasitansi juga tak kalah pentingnya yaitu tegangan kerja dan temperatur kerja. Tegangan kerja adalah tegangan maksimum yang diijinkan sehingga kapasitor masih dapat bekerja dengan baik. Misalnya kapasitor 10uF25V, maka tegangan yang bisa diberikan tidak boleh melebihi 25 volt dc. Umumnya kapasitor-kapasitor polar bekerja pada tegangan DC dan kapasitor non-polar bekerja pada tegangan AC. Sedangkan temperatur kerja yaitu batasan temperatur dimana kapasitor masih bisa bekerja dengan optimal. Misalnya jika pada kapasitor tertulis X7R, maka kapasitor tersebut mempunyai suhu kerja yang direkomendasikan antara -55Co sampai +125Co. Biasanya spesifikasi karakteristik ini disajikan oleh pabrik pembuat. 

Kondensator/Capasitor Polar
Kondensator/Capasitor Polar elektrodanya mempunyai dua kutup, yakni kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Apabila Capasitor ini dipasang pada rangkaian elektronika, maka pemasangannya tidak boleh terbalik. Contonya adalah Capasitor elektrolit (elco) dan Tantalum. Nilai kapasitas maksimum dan kutub –kutubnya sudah tertera pada badan komponen tersebut.
Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator
Capasitor elektrolit (elco)
Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator 2
Kondensator Tantalum
Contoh : Elektrolit Kondensator (Elko) dibadannya tertulis 10 µF/ 16V ini berarti kapasitansi dari elco tersebut adalah 10 µF, sedangkan tegangan kerjanya maksimal 16 Volt, jika elco tersebut diberi tegangan lebih dari 16 volt elco tersebut akan rusak. Demikian pula dengan condensator tantalum cara membacanya sama persis dengan elco.

Untuk menentukan kaki kutub (+) dan (-) dari elco maupun tantalum, kita bisa melihat tanda yang tertera pada badan komponen tersebut, jika pada elco yang ditandai dengan anak panah adalah kutub negatif (-) sedang pada tantalum kutub positifnya ditandai dengan tanda (+). Tantalum banyak dipakai saat ini pada peralatan elektronika komputer (misalnya motherboard)

Condensator Tidak Tetap

Mengindentifikasi & Membaca Nilai Kondensator
Condensator Tidak Tetap (Varco)
Kondensator ini dapat kita ubah-ubah nilai kapasitasnya sesuai kebutuhan. Kapasitasnya ada yang 0-30pf, 0-100pf, dll. kondensator jenis ini biasa disebut dengan variable Condensator atau Varco.

FUNGSI KAPASITOR
Fungsi penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian :
  • Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan rangkaian yang lain (pada PS)
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna
  • Sebagai filter dalam rangkaian PS
  • Untuk menghemat daya listrik pada lampu neon
  • Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila dipasang pada saklar

2 komentar:

  1. Bagai mana cara membaca nilai kondersator berikut ini:
    103M
    440L
    Y1.500~
    X1.400~

    BalasHapus